Kamis, 27 November 2014

Islam Memuliakan Wanita Pada Setiap Waktu

Sungguh sempurna agama ini. Salah satu kesempuranaan agama Islam yaitu Islam memuliakan  wanita muslimah dan memberikan penjagaan terbaik kepada mereka serta memperhatikan hak-haknya. Bahkan, Islam memperingatkan dengan keras agar tidak menyakiti dan menzaliminya.
1.       Memuliakannya ketika masih kecil
                Sesungguhnya Islam mengajak manusia agar memuliakan wanita sejak masih kecil. Islam menyerukan agar memperhatikan dan mengurusinya dengan baik. Islam menyerukan agar membaguskan dalam hal pendidikannya, agar kelak menjadi wanita yang shalihah, bisa menjaga diri dan afifah. Demikian pula Islam mencela perilaku
jahiliah yang mengubur anak wanita mereka hidup-hidup. Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

                "Sesungguhnya Allah mengharamkan atas kalian berbuat durhaka kepada ibu-ibu kalian, mencegah dan meminta serta mengubur anak perempuan hidup-hidup." (HR. Bukhari, Muslim)
                Bahkan, Allah menyiapkan pahala yang besar berupa surga bagi yang sabar dalam mengurusi anak perempuan. Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

                "Barangsiapa yang mempunyai tiga orang anak perempuan, dia melindungi, mencukupi, dan menyayanginya, maka wajib baginya surga." Ada yang bertanya, "Bagaimana kalau dua orang anak wanita wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Dua anak wanita juga termasuk." (HR. Bukhari)
2.       Memberikan pemuliaan khusus ketika sudah menjadi seorang ibu
       Yaitu Islam memerintahkan agar berbuat baik kepada seorang ibu, dengan membantu, mengagungkan, mendo'akan kebaikan, menjaga dari segala gangguan, dan anjuran bergaul se-baik mungkin kepadanya. Allah عزّوجلّ berfirman:
Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamn mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil." (QS. al-Isra' [17]: 23-24)
Abu Hurairah رضي الله عنه berkata: 
"Ada seseorang datang menemui Nabi صلى الله عليه وسلم dan bertanya, 'Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku selayaknya berbuat baik?' Beliau menjawab, 'Kepada ibumu!' Orang tadi bertanya kembali, 'Lalu kepada siapa lagi? Rasulullah menjawab, 'Ibumu.' Kemudian ia mengulangi pertanyaannya, dan Rasulullah tetap menjawab, 'Kepada ibumu!' Ia bertanya kembali, 'Setelah itu kepada siapa lagi?' Beliau menjawab, 'Kepada bapakmu!' (HR. Bukhari, Muslim)
3.       Memuliakannya ketika telah menjadi seorang istri
          Islam telah memberikan hak-hak yang agung bagi istri yang harus dilaksanakan seorang suami, sebagaimana suami juga punya hak yang agung. Di antara ayat yang menerangkan hak-hak istri adalah firman Allah عزّوجلّ yang berbunyi:
Dan bergaullah dengan mereka secara patut. (QS. an-Nisa' [4]: 19)
4.       Islam memuliakan bibi dan saudara perempuan
          Islam menganjurkan untuk menyambung hubungan kepada bibi dan saudara perempuan dengan berbuat baik kepada mereka dan memperhatikan hak-hak mereka. Islam menjanjikan pahala yang besar bagi yang melaksanakan an-juran ini.
 Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, "Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kalian untuk berbuat baik kepada ibu-ibu kalian, kepada ibu-ibu kalian, kemudian kepada bapak-bapak kalian kemudian kepada yang paling dekat dan yang paling dekat setelahnya." (HR. Bukhari, Ibnu Majah)
5.       Memuliakan wanita secara umum
          Yaitu Islam memuliakan wanita-wanita yang tidak ada hubungan kekerabatan tetapi mereka membutuhkan pertolongan. Di antara contohnya Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:
"Orang yang mengusahakan bantuan bagi para janda dan orang-orang miskin seolah-olah dia adalah orang yang berjihad dijalan Allah."—Rawi berkata: Dan aku mengira beliau juga berkata — "Dan seperti orang yang shalat tidak pernah lemah dan seperti orang yang puasa tidak pernah berbuka." (HR. Bukhari, Muslim)
Wallahu A'lam Bishawab
Sumber:
- Islam Memuliakan Wanita (Oleh: Syaikh Abdurrozzaq bin Abdul Muhsin al-Abbad al-Badr )
- Majalah Al-Furqon, No. 124 Ed.10 Th. ke-11_1433 H_2012 M

0 komentar:

Posting Komentar